Posted on Leave a comment

Distributor dan Supplier Gula

Distributor dan Supplier Gula

Sebagian besar jenis makanan membutuhkan pemanis, begitu juga dengan minuman. Produk pemanis alami dapat berupa gula putih dan gula merah. Rasa gula putih dan merah memang agak berbeda sehingga kegunaannya juga bisa bermacam-macam. Ada banyak sekali produk gula putih dan merah yang diperjualbelikan. Bagi yang ingin mendapatkan produk yang berkualitas bisa langsung membeli dari supplier bahan sembako.

Dan kami, Bumi Sembako menjadi distributor dan supplier gula yang sudah banyak mendistribusikan produk ke berbagai Lembaga, baik itu dari pemerintahan atau swasta. Tidak hanya itu, kami juga banyak memasok ke rumah sakit, kapal tanker, serta hotel di nusantara.

Perbedaan Gula Putih dan Gula Merah

Makanan dan minuman yang membutuhkan rasa manis bisa menambahkan jenis pemanis alami seperti gula putih atau gula merah. Kedua jenis gula ini terbuat dari bahan yang berbeda, namun sama-sama aman dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan. Gula putih cenderung lebih sering digunakan untuk tambahan perasa manis bagi masakan dan minuman. Sedangkan gula merah lebih banyak digunakan untuk makanan dan minuman tradisional.

Sebelum membeli produk pemanis, ada baiknya untuk mengetahui informasi tentang bahan tersebut. Ini perlu agar tidak keliru dalam membeli atau memilih produk, apakah ingin gula putih atau gula merah. Berikut ini beberapa perbedaan dari gula putih dan gula merah.

  • Bahan Baku dan Pembuatannya
Tebu jadi bahan baku pembuatan gula putih.
Tebu jadi bahan baku pembuatan gula putih.

 

Gula putih dibuat dari tanaman tebu. Batang tebu nantinya diproses, diambil sarinya lalu dikristalisasi sehingga akhirnya menjadi gula pasir. Pembuatan gula pasir umumnya dilakukan oleh pabrik-pabrik besar. Prosesnya bisa mulai dari penanaman tanaman tebu terlebih dulu.

Berbeda dari gula pasir, gula merah terbuat dari nira pohon palma. Ada beberapa pohon palma yang bisa digunakan seperti aren, kelapa, nipah, dan siwalan. Setelan air nira diambil, selanjutnya diproses secara manual dan dimasak sehingga menjadi gula merah. Pembuatan gula merah kebanyakan dilakukan secara tradisional, baik itu rumahan atau pabrik kecil.

  • Kandungan

Gula pasir dan gula merah disebut memiliki kalori yang cenderung hampir sama. Begitu juga dengan nutrisi yang tak jauh berbeda. Gula merah bisa dibilang sebagai campuran gula putih dan molase. Perbedaannya terletak pada indeks glikemiknya. Gula pasir punya indeks glikemik yang lebih tinggi yaitu 70, sedangkan gula merah sebesar 55. Meskipun lebih rendah, penggunaan gula merah sebaiknya juga tidak berlebihan.

  • Rasa dan Bentuk

Gula pasir dan gula merah memiliki rasa manis yang sedikit berbeda. Gula merah punya rasa yang lebih dalam dengan tambahan rasa karamel karena kandungan molase. Gula merah biasanya dibentuk dalam ukuran tertentu seperti bentuk tabung atau mangkok.

Sedangkan rasa gula pasir lebih manis tipis dengan tekstur berbutir yang kasar. Gula putih berbentuk seperti pasir, butiran kecil-kecil. Rasa yang berbeda antara gula pasir dan gula merah menjadikan kegunaannya juga berbeda pada masakan.

  • Kegunaan

Sama-sama bisa menjadi pemanis, gula merah dan gula putih bisa digunakan sesuai kebutuhan. Gula merah lebih banyak digunakan untuk olahan makanan tradisional. Tak hanya kue saja, namun masakan seperti kolak dan rujak juga membutuhkan gula merah.

Selain untuk masakan, gula pasir sendiri banyak digunakan untuk tambahan pemanis minuman seperti teh dan kopi. Gula merah dan gula pasir pada dasarnya dapat digunakan untuk pemanis berbagai masakan namun rasa dan warnanya akan membedakan hasilnya.

Sebagai bahan pemanis, gula pasir dan gula merah bisa memberi tambahan rasa yang membuat makanan menjadi lebih enak. Pemanis yang digunakan dalam jumlah tidak terlalu banyak masih aman bagi kesehatan tubuh. Perlu juga memperhatikan kualitas dari produk pemanis tersebut. Saat ini malah ada yang memalsukan gula menggunakan bahan-bahan yang malah berbahaya, jadi perlu untuk berhati-hati.

Produk Gula Putih

Produk gula di pasar swalayan.
Produk gula di pasar swalayan.

 

Di Indonesia, produk gula putih banyak dijual tanpa brand atau merek tertentu. Gula hanya dikemas dalam kantong plastik bening dalam ukuran tertentu lalu dijual di warung-warung. Produk tanpa brand tersebut ada yang memiliki kualitas baik dan ada juga yang tidak. Jika ingin menggunakan produk gula putih untuk kebutuhan bisnis ada baiknya memilih yang bermerek. Berikut ini beberapa merek produk gula putih kemasan yang kami sediakan.

  • Gulaku

Gulaku dikenal sebagai salah satu produk gula putih kemasan paling populer. Selain kualitasnya yang bagus, distribusinya pun merata sehingga mudah ditemukan di berbagai tempat. Gulaku terbuat dari 100% tebu yang berkualitas. Produk Gulaku punya tekstur yang konsisten dan rasa manis yang alami tanpa tambahan pengawet ataupun pemutih. Beberapa jenis produk Gulaku, antara lain:

  • Gulaku Premium: tersedia dalam kemasan kantong dengan ukuran 200 gr, 500 gr, 1 kg, dan 5 kg.
  • Gulaku Pouch: dikemas dalam kantong dengan tutup ulir sehingga dapat dibuka dan ditutup kembali dengan rapat. Varian Gulaku Pouch ada tiga yaitu Gulaku Pouch Peach, Kiwi, dan Strawberry. Ada juga Gulaku Premium Putih dengan kemasan pouch ukuran 300 gr.
  • Gulaku Sugarstick: dikemas dalam kemasan stick kecil yang praktis untuk langsung dipakai.
  • Gulaku Tebu: produk gula tebu kuning yang memiliki kadar molase lebih tinggi sehingga punya aroma karamel.
  • Rose Brand Gula Kristal Putih

Rose Brand memiliki beberapa jenis produk gula yaitu gula cair (Fructose), gula tebu, dan gula putih premium. Gula kristal premium dari Rose Brand dibuat dari bahan pilihan dan telah melalui proses yang sesuai standar. Gula putih dengan merek Rose Brand tersedia dalam kemasan kantong 1 kg.

  • Sania

Selain produk minyak goreng, Sania juga memiliki produk berupa gula pasir. Gula putih Sania diproduksi oleh PT. Duta Sugar International. Produk ini diklaim terbuat dari tebu pilihan dan melalui proses yang modern dan higienis. Produk gula Sania tersedia dalam kemasan kantong ukuran 1 kg.

  • Gula Manis Kita (BULOG)

Perum Bulog memproduksi produk gula putih dengan mereka Manis Kita. Gula ini dibuat dari tebu asli dan diproses dengan teknologi modern. Gula Manis Kita dijual dalam ukuran kemasan plastik 1 kg.

  • Gula Tebu FS Premium

Food Station atau FS memproduksi berbagai produk kebutuhan pokok seperti beras dan gula. Food Station memiliki produk gula tebu premium. Gula pasir ini terbuat dari tebu asli pilihan. Tersedia dalam kemasan 1 kg, dan bisa dibeli per karton dengan isi 25 pcs.

  • Indosugar

Gula pasir merek Indosugar terbuat dari 100% gula tebu. Selain tersedia dalam kemasan 1 kg, ada juga yang dalam kemasan sak besar dengan berat bersih 50 kg. Ini cocok bagi yang ingin membeli gula dalam jumlah besar.

  • Gula SUJ

Gula SUJ diproduksi oleh PT. Sentra Usahatama Jaya, Cilegon-Banten. Gula yang tersedia dalam kemasan 50 kg ini dikemas dalam sak. Di kemasannya tertulis Hanya untuk Kebutuhan Industri. Jadi ebras jenis ini cocok untuk kebutuhan pabrik atau industri makanan.

  • Gula GPM

Gula pasir GPM diproduksi oleh PT. Gula Putih Mataram. Gula ini dijual dalam kemasan sak besar dengan berat bersih 50 kg. Ukuran yang besar cocok untuk kebutuhan pabrik atau industri.

Gula putih umumnya berbentuk gula pasir. Tapi ada juga jenis gula lain seperti gula halus (bubuk) dan gula cair. Gula halus lebih banyak digunakan untuk kebutuhan kue dan roti. Salah satu merek gula halus, yaitu Rose Brand yang juga memproduksi gula pasir. Brand lain untuk gula halus antara lain Claris, Bola, Gulus, dan Segi Tiga Emas. Semua produk tersebut sudah tersedia di gudang Bumi Sembako.

Produk Gula Merah

Gula merah bubuk.
Gula merah bubuk.

 

Produk gula merah banyak yang dijual tanpa kemasan dan merek karena dibuat secara rumahan atau usaha kecil. Ada yang dijual dalam bentuk batok dan silinder. Selain produk rumahan, ada juga yang memiliki merek tertentu dengan kemasan yang baik. Berikut beberapa contoh produk gula merah.

  • Mawar Jaya Gula Merah

Produk gula merah dengan merek Mawar Jaya dibuat dari nira pohon aren. Bahan bakunya asli tanpa campuran serta diproses secara tradisional. Gula merah Mawar Jaya dijual dalam kemasan plastik 400 gram.

  • Gula Kelapa Nira Murni

Gula kelapa IE IE atau Nira Murni dijual dalam bentuk silinder dalam kemasan plastik. Setiap kemasan berukuran 300 gram

  • Gula Arenku

Gula Arenku merupakan gula merah yang diproduksi CV. Inti Global, Palembang. Gula ini dijual dalam bentuk batok dengan berat 500 gram per kemasan. Produk gula merah ini diklaim berkualitas dan cocok untuk kebutuhan makanan dan minuman.

  • Gula Merah Pak Siong

Gula merah cap Pak Siong memiliki warna coklat tua dan berbentuk batok. Produk gula merah ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan masakan. Gula merah ini bisa dibeli dengan ukuran 500 gram, 1 kg, atau 10 kg.

  • Gula Merah Cap Semut

Gula merah Cap Semut dibuat dari nira kelapa asli. Produk ini dijual dalam kemasan plastik 400 gram yang berisi 6 butir gula merah berbentuk silinder. Gula merah dengan merek Cap Semut ini diproduksi UD Baru Mapan, Depok.

  • Gula Merah Cap Kodok

Gula merah Cap Kodok termasuk salah satu merek yang terkenal. Tersedia gula kelapa super dengan warna merah, hitam, dan kuning. Produk gula kelapa ini dikemas dalam dus berukuran 9.5 kg.

  • Gula Merah Cap Tiga Bintang

Gula merah Cap Tiga Bintang merupakan produk asal Cilacap. Gula merah ini dibuat dari nira kelapa asli dan diolah secara tradisional. Gula merah Cap Tiga Bintang dijual dalam kemasan plastik dan dus berukuran 10 kg (1 bal).

Selain gula merah dalam bentuk padat, kami juga memiliki produk gula merah yang berbentuk bubuk dan cair. Gula merah bubuk ini biasanya juga dikemas dalam kantong dan memiliki merek. Sedangkan gula merah cair biasanya dikemas dalam bentuk botol, pouch, ataupun jerigen. Gula merah berbagai bentuk ini bisa dipilih mana yang cocok sesuai kebutuhan.

Penggunaan Gula Putih dan Gula Merah

Penggunaan gula untuk makanan.
Penggunaan gula untuk makanan.

 

Gula menjadi bagian yang sulit dipisahkan dari makanan. Tambahan rasa manis pada makanan bisa meningkatkan rasanya. Pemanis sendiri ada banyak macam, dari yang alami sampai sintetis. Gula putih dan gula merah sendiri merupakan produk pemanis yang berasal dari bahan alami sehingga cenderung aman. Penggunaan dalam porsi yang tidak berlebihan masih aman bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini beberapa contoh penggunaan dari produk gula putih dan gula merah.

  • Gula Putih

Gula putih bisa digunakan untuk kebutuhan makanan dan minuman. Gula putih sendiri bisa berupa gula pasir dan gula cair. Gula putih pasir bisa ditambahkan ke dalam berbagai olahan masakan seperti tumisan atau makanan berkuah. Ini mudah larut dalam air dan akan mencair jika dipanaskan.

Sedangkan gula putih cair berbentuk cairan. Ini merupakan produk gula putih yang telah dicairkan. Gula cair ini bisa dimanfaatkan untuk tambahan pemanis kue atau minuman.

  • Gula Merah

Gula merah serupa seperti gula putih yang bisa digunakan untuk kebutuhan makanan dan minuman. Gula merah umumnya berbentuk padat tapi ada juga yang berupa serbuk dan cair. Gula merah dapat digunakan untuk kebutuhan berbagai makanan dan minuman tradisional.

Kue tradisional yang menggunakan gula merah misalnya klepon, putu, dan kue cucur gula merah. Gula merah dalam bentuk serbuk lebih mudah ditambahkan dalam makanan. Sedangkan gula merah cair cocok untuk minuman. Saat ini banyak minuman modern yang juga menggunakan gula merah cair sebagai tambahan pemanis.

Pemanis hampir selalu dibutuhkan pada masakan. Perannya cukup penting sehingga kebutuhan akan gula tak pernah surut. Meskipun gula juga dapat memicu masalah kesehatan tapi hal ini dapat diatasi dengan konsumsi yang tidak berlebih.

Penggunaan gula putih dan gula merah ini bisa untuk kebutuhan pribadi atau bisnis. Ada beberapa produk gula yang memang ditujukan bagi industri. Kebutuhan gula dalam jumlah besar bisa menggunakan jenis gula untuk industri. Namun pemilihan gula yang berkualitas juga penting agar dapat menjaga kualitas dari hasil makanan dan minumannya.

Gula pasir yang berkualitas biasanya memiliki warna putih dan bersih namun tetap wajar. Ada beberapa pihak yang kemudian menambahkan pengawet dan pemutih sehingga menjadi semakin tidak sehat. Ada baiknya memilih gula yang telah terjamin mutunya. Gula dalam kemasan bermerek cenderung lebih aman untuk dikonsumsi.

Penggunaan gula untuk kebutuhan pribadi biasanya tidak perlu terlalu banyak. Membeli dalam jumlah yang cukup akan lebih baik daripada menyimpan terlalu lama. Sedangkan untuk kebutuhan industri, kebutuhan gula juga harus dihitung atau direncanakan. Ini agar pembelian gula dapat lebih mudah sehingga tidak kekurangan atau kelebihan.

Membeli Gula Putih dan Gula Merah dari Supplier

Kebutuhan gula untuk bisnis seperti hotel dan restoran juga cukup penting untuk memasak makanan. Apalagi makanan penutup yang merupakan jenis makanan manis. Bisnis toko roti dan kue juga pastinya tak bisa lepas dari kebutuhan akan gula. Sebelum membeli gula, ada baiknya memahami dulu apa jenis gula yang dibutuhkan dan berapa jumlahnya. Jenis gula yang dibutuhkan perlu dipastikan lebih dulu sehingga tidak salah membeli.

Kualitas gula putih dan gula merah yang baik bisa dilihat dari tampilan, rasa, dan aromanya. Jika rasanya tidak manis alami maka biasanya ada tambahan bahan lain seperti pengawet. Pembelian dalam jumlah sedikit mungkin bisa diperiksa kualitasnya satu per satu, tapi jika dalam jumlah banyak akan kesulitan. Oleh karena itu akan lebih aman jika membeli produk gula yang telah bermerek dan berkemasan baik.

Untuk kebutuhan gula dalam jumlah sedang maupun besar, ada baiknya membeli dari supplier. Saat ini sudah ada supplier bahan sembako ialah Bumi Sembako yang menyediakan berbagai merek produk gula putih dan gula merah.

Melalui supplier, klien tidak perlu bingung untuk mencukupi kebutuhan gula dalam jumlah yang besar. Selain produk gula, Bumi Sembako juga menyediakan produk kebutuhan pokok lainnya seperti beras dan minyak. Karena kami sudah berpengalaman dalam mendistribusikan produk sembako ini. Banyak hotel, rumah sakit, lembaga yang sudah dipasok produknya oleh kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published.