Posted on Leave a comment

Distributor dan Supplier Daging Sapi dan Ayam

Distributor dan Supplier Daging Sapi dan Ayam

Daging sapi dan ayam merupakan sumber protein yang banyak digunakan dalam masakan Indonesia. Daging sapi segar dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan. Begitu juga dengan daging ayam yang harganya cenderung lebih murah. Banyak olahan daging ayam yang kemudian menjadi makanan favorit masyarakat. Kebutuhan daging sapi dan ayam berkualitas untuk berbagai masakan bisa melalui supplier atau distributor yang terpercaya.

Bumi Sembako sebagai distributor dan juga supllier untuk daging-dagingan ini siap menyediakan dalam jumlah yang banyak, untuk banyak keperluan. Kami pun sudah banyak mendistribusikan jenis daging segar ini ke banyak lokasi. Sebut saja rumah sakit, hotel, restoran, kapal tanker, serta dengan instansi pemerintahan serta ke lembaga swasta.

Rumah Jenis Potongan Daging Sapi Segar

Produk daging sapi segar biasanya tersedia dalam potongan-potongan. Bagian sapi yang bisa diolah memang cukup banyak, hampir semuanya dapat digunakan sebagai masakan. Daging sapi juga ada yang berasal dari sapi lokal dan sapi impor. Daging sapi dengan kualitas tinggi seperti wagyu memiliki harga yang lebih mahal daripada daging lokal biasa.

Di pasar tradisional, daging sapi segar dapat dipilih potongannya. Namun pilihan dagingnya kadang terbatas dengan jumlah yang juga tidak terlalu banyak. Daging sapi ini dapat dibeli dalam ukuran sekian gram atau kilogram. Bagi yang ingin membeli daging sapi ada baiknya mengetahui tentang potongan yang diinginkan. Berikut beberapa jenis potongan daging sapi.

  • Punuk

Bagian punuk atau leher merupakan bagian dari leher ke bagian pada depan. Di bagian ini ada serat-serat kasarnya. Potongan daging bagian ini biasanya digunakan untuk masakan daging Se’i.

  • Has Luar

Has luar atau sirloin merupakan potongan daging di bawah iga. Daging bagian ini memiliki otot yang cukup keras. Has luar cocok digunakan untuk steak apalagi bagian ini juga memiliki lapisan lemak.

  • Has Dalam

Has dalam atau tenderloin merupakan bagian daging yang punya tekstur paling empuk. Daging has dalam memiliki harga yang cukup mahal. Ini juga cocok digunakan sebagai steak karena tekstur daging yang lembut.

  • T-Bone
T-Bone.
T-Bone.

T-Bone merupakan bagian yang berupa tulang berbentuk T yang menempel di daging. Harga T-Bone cukup mahal, tapi lebih murah dari has dalam.

  • Sandung Lamur

Sandung lamur atau brisket merupakan daging sapi bagian dada bawah di sekitar ketiak. Daging bagian ini agak berlemak sehingga cocok untuk makanan seperti rawon atau soto daging.

  • Iga

Iga atau rib merupakan bagian yang berada di sekitar tulang iga. Ini biasanya dimasak beserta tulangnya. Iga dapat dijadikan masakan berkuah atau dibakar. Dan kami sangat menjaga kesegaran dari daging yang satu ini.

  • Sampil/Chuck

Sampil terletak di bagian leher sampai bahu sapi. Daging sampil memiliki banyak serabut otot dan sering digunakan untuk adonan bakso, semur, atau rendang.

  • Sengkel

Sengkel merupakan bagian depan atas kaki dari sapi. Bagian daging sapi yang satu ini bisa dijadikan berbagai masakan berkuah. Daging sengkel membutuhkan waktu masak lama agar bisa empuk.

  • Paha Depan

Paha depan atau fore shank banyak digunakan untuk adonan bakso. Ini biasanya berupa potongan daging berbentuk segi empat.

Selain bagian daging sapinya, bagian lain dari sapi juga banyak dipakai untuk masakan. Bagian lain dari sapi seperti lidah, buntut, dan jeroan sapi juga umum digunakan sebagai bahan baku masakan. Bagian-bagian sapi tersebut sebaiknya tetap memilih yang berkualitas sehingga aman untuk dikonsumsi.

Selain daging segar yang dipotong-potong, produk daging sapi yang dijual juga bisa berupa daging cincang. Adanya pilihan daging cincang ini lebih praktis jika ingin menggunakan untuk masakan seperti bakso. Pembeli tidak perlu repot menghaluskan daging sendiri. Selain itu, ada juga yang menjual daging yang diiris tipis atau slice beef. Produk irisan daging ini dapat langsung dipanggang atau diolah menjadi masakan.

Produk daging sapi segar yang berkualitas dapat dilihat dari warna, tekstur, dan aromanya. Daging yang sebaiknya dipilih yang punya warna merah segar, tekstur kenyal, aroma sapi segar. Bagi yang beragama Islam, penting juga untuk memastikan bahwa daging sapi yang dipilih adalah daging yang halal.

Produk Daging Sapi Olahan

Daging sapi tidak hanya dijual mentah, ada juga yang diolah terlebih dahulu sehingga bisa lebih tahan lama. Produk daging sapi olahan ini bisa jadi alternatif pilihan makanan sehari-hari. Ini juga bisa jadi bahan baku untuk membuat masakan baru. Berikut ini beberapa contoh produk daging sapi olahan:

  • Bakso (Beku/Frozen)

Daging sapi bisa diolah menjadi bakso, dan ini juga dapat dibekukan. Jadi bakso bisa bertahan lama jika dikemas dalam wadah kedap udara dan dibekukan. Makanan beku seperti bakso frozen ini mulai banyak diminati karena mudah disimpan dan dapat digunakan sewaktu-waktu.

Produk bakso frozen biasanya dijual dalam wadah kantong plastik. Beberapa merek bakso frozen misalnya Belfoods dan Belmont.

  • Sosis
Sosis
Sosis

 

Sosis juga salah satu produk daging sapi olahan yang bisa bertahan lama. Kualitas sosis sendiri bermacam-macam, ada yang punya banyak campuran bahan lainnya. Jenis produk sosis kemasan misalnya sosis siap makan dan sosis kaleng. Beberapa produk sosis lebih cocok digunakan untuk tambahan masakan, seperti sop atau cap cay.

Ada banyak merek sosis di pasaran. Beberapa merek terkenal misalnya Kimbo, Belmont, Champ, Kanzler, dan lain-lain.

  • Kornet

Produk olahan daging instan lainnya ialah kornet. Daging kornet berupa daging yang telah diolah dengan cara diawetkan dengan air garam dan direbus. Produk kornet biasanya dikemas dalam kaleng. Kornet bisa dipakai untuk bahan campuran masakan lainnya atau dimasak sendiri lalu dimakan sebagai lauk.

Produk kornet sapi misalnya merek Cip. Kemasannya berupa kaleng dengan ukuran bervariasi mulai dari 120 gram, 198 gram, 325 gram, dan 340 gram. Merek kornet lainnya misalnya Kornetku, Pronas, dan Tornado.

  • Dendeng

Dendeng adalah olahan daging sapi yang berupa daging tipis yang dibumbui lalu dikeringkan. Ini juga merupakan olahan daging yang diawetkan. Sebagai salah satu masakan Indonesia, dendeng banyak dijual di pasaran dengan berbagai merek. Banyak industri kecil yang juga memproduksi dendeng.

  • Daging Asap

Daging asap juga ada yang dijual dalam kemasan. Produk daging asap ini biasanya digunakan sebagai isian kebab atau taburan pizza. Ini juga bisa dijadikan sebagai lauk pauk.

  • Daging Burger

Daging sapi olahan bisa berupa daging untuk burger. Ini juga banyak dijual dalam kemasan. Beberapa merek daging burger kemasan misalnya Bernard, Vitalia, Yona, dan lain-lain. Daging burger dijual dalam bentuk beku dalam kemasan plastik. Ini bisa disimpan di lemari es dan dihangatkan saat akan digunakan.

Daging sapi olahan ini bisa bertahan cukup lama jika disimpan dengan tepat. Kebanyakan produk olahan tersebut memang memiliki tambahan bahan lainnya, seperti penyedap, tepung, pewarna, dan lain-lain. Pembeli yang memesan di Bumi Sembako bisa memilih produk yang diinginkan dan sesuai dengan kebutuhan. Ada beberapa jenis masakan yang juga membutuhkan produk daging olahan ini.

Jenis Potongan Daging Ayam

Di Indonesia sendiri ada banyak jenis masakan populer yang menggunakan daging ayam. Sama seperti daging sapi, membeli daging ayam biasanya juga dengan memilih potongan tertentu. Jenis potongan daging ini akan lebih cocok untuk jenis masakan tertentu. Sebelum membeli, ada baiknya mengetahui jenis potongan daging ayam berikut ini:

  • Dada/Breast

Dada ayam merupakan bagian daging ayam yang memiliki banyak protein. Dada tanpa kulit ini banyak digunakan sebagai makanan para binaraga atau orang yang sedang diet.

  • Sayap/Wing
Sayap.
Sayap.

 

Bagian sayap ayam merupakan salah satu potongan yang banyak disukai karena gurih dan juicy. Dilapisi kulit dan bertulang, sayap ayam juga cocok dijadikan berbagai masakan.

  • Paha Bawah

Paha bawah ayam memiliki bagian daging dan tulang. Ini juga sering disebut drumstick karena memiliki pegangan seperti stik drum. Paha ayam cocok untuk dijadikan ayam goreng, ayam krispi, ayam saus tiram, dan lain-lain.

  • Paha Atas

Paha ayam bagian atas merupakan potongan yang berada di atas paha bawah dan berukuran lebih besar. Pada bagian ini kalori terdiri dari 53% protein dan sisanya lemak.

  • Ayam Utuh

Memasak ayam kadang membutuhkan keseluruhan daging ayam. Ada beberapa jenis makanan yang memang memakai ayam utuh seperti ayam panggang, ayam betutu, ayam oven, dan lain-lain. Ayam utuh biasanya berupa keseluruhan ayam tanpa kepala dan ceker.

  • Ceker dan Kepala

Bagian ceker atau ayam bisa dijadikan masakan tersendiri yang tak kalah enak dari potongan lainnya. Sebagian orang mungkin kurang menyukai ceker ayam, tapi banyak juga yang menjadikannya sebagai makanan favorit. Selain ceker, bagian kepala ayam juga sering dipakai dalam berbagai jenis masakan.

  • Jeroan

Jeroan ayam merupakan bagian organ dalam dari ayam. Ini bisa berupa usus, hati, jantung, dan ampela. Jeroan ayam perlu dibersihkan lalu diolah sehingga menjadi masakan yang lezat. Tak hanya dikonsumsi pribadi, banyak restoran yang juga menyajikan menu masakan dari jeroan ayam.

Daging ayam menjadi pilihan asupan protein yang lebih murah daripada daging sapi. Apalagi daging ayam yang telah diolah menjadi masakan punya rasa yang lezat sehingga banyak disukai. Banyak restoran dan warung makan yang menyajikan menu dari daging ayam ini.

Saat membeli ayam, selain memilih potongannya, bisa juga memilih jenis ayamnya. Daging ayam yang dijual di pasaran umumnya terbagi atas dua jenis yaitu ayam kampung dan ayam potong/pedaging.

Ayam kampung merupakan ayam yang diternakkan secara tradisional. Harga ayam kampung cenderung lebih mahal dari ayam potong. Rasanya sendiri akan terasa lebih gurih dari ayam potong biasa.

Produk Olahan Daging Ayam

Chicken nugget.
Chicken nugget.

 

Seperti daging sapi, daging ayam juga kerap diproses menjadi makanan olahan yang lebih tahan lama. Produk daging olahan memang cenderung kurang sehat dibandingkan daging segar. Tapi ini bisa jadi alternatif pilihan makanan atau campuran untuk masakan. Berikut ini beberapa produk olahan daging ayam yang kami sediakan:

  • Sosis Ayam

Selain dari daging sapi, ada juga jenis sosis yang berasal dari daging ayam. Ada berbagai merek sosis ayam seperti Champ, Belfoods, Fiesta, dan lain-lain. Harga sosis ayam cenderung lebih murah dari sosis sapi.

  • Nugget Ayam

Nugget ayam merupakan salah satu olahan daging ayam yang biasanya dibekukan agar dapat bertahan lama. Daging ayam biasanya digiling lalu dicampur dengan bahan lainnya kemudian dibentuk dan dibalur tepung roti. Nugget ayam dimasak dengan cara digoreng. Ini merupakan salah satu makanan praktis yang banyak disukai oleh anak-anak. Beberapa merek nugget ayam misalnya Fiesta, So Good, dan Champ.

  • Bakso Ayam

Bakso dari daging ayam bisa menjadi pilihan alternatif yang lebih murah. Produk bakso ayam saat ini banyak dijual dalam bentuk frozen sehingga bisa bertahan lama. Penggunaan dan penyimpanannya serupa dengan bakso daging sapi beku.

Ada banyak produk olahan daging ayam yang dapat dipilih. Produk olahan ini bisa dijadikan lauk langsung atau dicampurkan ke masakan lainnya. Ini praktis digunakan baik untuk kebutuhan rumah tangga pribadi atau bisnis.

Membeli Produk Daging Sapi dan Ayam dari Supplier Terpercaya Pasti Aman

Ada banyak kalangan yang membutuhkan produk daging sapi maupun ayam. Ini bisa untuk kebutuhan pribadi, bisnis, atau lembaga. Membeli produk daging untuk kebutuhan dalam jumlah besar tentunya perlu diperhatikan kualitasnya. Produk daging segar maupun kemasan juga harus disimpan dengan baik agar tahan lama.

Saat memilih produk daging, sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini,

  • Jenis Daging

Sebelum membeli sebaiknya menentukan dulu jenis daging yang diinginkan dan potongannya. Ini bisa disesuaikan dengan menu makanan yang akan dibuat dari bahan baku daging tersebut.

Apakah membutuhkan daging sapi atau ayam, dan bagian mana yang diperlukan. Daging sapi sendiri ada bermacam-macam, ada yang lokal serta ada yang daging impor atau premium. Jenis daging tersebut juga menentukan harganya.

  • Kualitas Daging

Kualitas daging yang dibeli perlu diperhatikan, terutama untuk daging segar. Daging yang segar bisa dilihat dari tampilannya. Pembeli juga bisa menyentuh daging untuk melihat kekenyalannya. Membeli daging yang segar dalam jumlah banyak kadang sulit untuk memeriksa satu per satu. Jadi ada baiknya membeli melalui penjual yang sudah dipercaya.

  • Label Halal

Tak hanya untuk kebutuhan pribadi, daging yang halal juga perlu disiapkan oleh pemilik bisnis. Di Indonesia yang penduduknya mayoritas muslim, produk daging yang diperjualbelikan sebaiknya memang yang halal.

Pada daging segar, biasanya memang dipercayakan pada pemotongnya bahwa daging tersebut halal. Namun pada daging kemasan atau yang dijual di supermarket sebaiknya memeriksa apakah ada label halalnya. Kami tentunya sangat menjaga hal ini, agar konsumen kami umat muslim bisa tenang saat mengonsumsinya.

  • Komposisi (Daging Kemasan)

Pada produk daging kemasan, sebaiknya memeriksa komposisinya. Produk olahan biasanya memang memiliki banyak campuran. Pastikan bahwa produk tersebut sudah terdaftar BPOM dan jelas komposisinya. Tak ada salahnya memilih produk daging kemasan dengan merek yang sudah terkenal karena kualitasnya bisa lebih terjamin.

  • Memeriksa Kedaluwarsa

Sebelum membeli produk daging sapi kemasan sebaiknya diperiksa dulu tanggal kedaluwarsanya. Pilih produk yang masih jauh tanggal kedaluwarsanya. Pada daging segar maka bisa langsung dilihat kondisi dagingnya. Daging segar yang dikemas biasanya juga akan diberi tanggal produksi sehingga bisa menjadi pertimbangan.

Memilih produk daging untuk kebutuhan masakan memang tak boleh sembarangan. Sebagai salah satu bahan baku yang banyak digunakan, daging yang baik akan memberikan manfaat bagi kesehatan. Namun daging dengan kualitas buruk malah bisa menjadi racun bagi tubuh. Oleh karena itu penting untuk memeriksa sebelum membeli apakah itu daging segar atau olahan.

Saat ini ada saja pedagang yang kurang jujur. Produk daging sapi malah ada yang dipalsukan dan memakai dari jenis daging lain. Ini perlu diwaspadai oleh para pembeli. Ada baiknya untuk membeli dari pedagang yang sudah dipercaya.

Pembeli produk daging ayam dan sapi untuk kebutuhan besar dan bisnis bisa mempercayakan pada supplier Bumi Sembako. Distributor bahan sembako yang kami kelola bisa memenuhi kebutuhan untuk hotel, rumah sakit, restoran, kapal tanker, dan lain-lain. Membeli dari distributor profesional dapat menjamin terpenuhinya kebutuhan akan produk daging yang berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.